Melayani Jasa Bongkar Atap Lama Di Ganti Baja Ringan Cek Bahan MaterialSURVE Dan Konsultasi Kami Berikan GRATiis..!! 24 JAMTlpn = 0274 2853197 , WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » Berapa Banyak Baja Ringan Murah Yang Dibutuhkan Untuk Rumah?

Berapa Banyak Baja Ringan Murah Yang Dibutuhkan Untuk Rumah?

Dipublish pada 16 Maret 2022 | Dilihat sebanyak 591 kali | Kategori: Blog

baja ringan murah – Kebutuhan baja ringan murah untuk konstruksi bangunan bisa dikatakan cukup tinggi. Tidak hanya untuk pabrik, gudang, atau bangunan besar lainnya. Kini housing juga menggunakan material baja ringan, termasuk untuk rangka atapnya.

Baja Ringan Murah

Baja Ringan Murah

Search keyword: baja ringan murah, baja ringan murah semarang, harga baja ringan murah, rumah baja ringan murah, toko baja ringan murah terdekat, harga baja ringan murah jogja, gerobak baja ringan murah, mesin pembuat baja ringan murah, pabrik baja ringan murah, merk baja ringan murah

Meski minat menggunakan material ini semakin meningkat, terkadang banyak orang yang belum mengetahui cara menghitung kebutuhan baja ringan untuk atap. Mengingat hal ini akan berkaitan dengan biaya yang perlu disiapkan, maka penting untuk mengetahui cara menghitung berapa harga batang baja ringan murah untuk atap rumah?

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan Dengan Rumah Bertipe 36

Data Ukuran Rumah Tipe 36

Sebelumnya siapkan data panjang dan lebar rumah, overstek, dan derajat kemiringan atap. Sebagai simulasi, contoh perhitungan kebutuhan batang baja ringan adalah untuk rumah tipe 36 dan model atap pelana. Biasanya rumah dengan tipe 36 akan mempunyai panjang tanah 6 meter dengan  lebar 6 meter. Kita asumsikan panjang overstek adalah 1 meter. Sedangkan kemiringannya sekitar 35 derajat. Jadi rumusnya adalah sebagai berikut.

  • Panjang bangunan = panjang rumah + (2 x panjang overstek) = 6 + (2 x 1) = 8 meter
  • Lebar bangunan = lebar rumah + (2 x panjang overstek) = (6 + (2 x 1) = 8 meter
  • Derajat kemiringan = Cos 35 = 0,819

Volume Rangka Atap Baja Ringan

Setelah mendapatkan data seperti di atas, maka Anda perlu menghitung volume atap dengan cara berikut.

  • Rumus volume = (panjang rumah + panjang overstek di kedua sisi) x (lebar rumah + panjang overstek di kedua sisi)/derajat kemiringan atap. Jadi, volume atap baja ringan adalah = (8 x 8)/0,819 = 78 meter kubik

Kebutuhan Kaso dan Reng

Kasau dan reng merupakan bagian penting dari atap baja ringan. Dengan menghitung kebutuhan akan lebih mudah untuk memprediksi dana yang perlu disiapkan. Berikut cara menghitungnya.

Jumlah Kaso

  • Cara menghitung kebutuhan kasau baja ringan bisa menggunakan rumus = (volume rangka atap x 4)/6
  • Berdasarkan simulasi dan data sebelumnya, jumlah kasau yang dibutuhkan untuk rumah tipe 36 adalah = (78 x 4)/6 = 312/6 = 52 kasau.
  • Jumlah Reng
  • Setelah kebutuhan kasau diketahui, barulah dapat dihitung kebutuhan reng. Ini karena kasau adalah dasar untuk memasang reng. Rumus yang digunakan adalah = jumlah kasau x 1,2
  • Jadi, reng yang dibutuhkan untuk rumah tipe 36 seperti pada simulasi sebelumnya adalah = 52 x 1,2 = 62 reng baja ringan.

Menghitung Kebutuhan Baja Ringan Untuk Rumah Ukuran 8×12

Data Ukuran Rumah Ukuran 8×12

Untuk mengetahui kebutuhan atap baja ringan, terlebih dahulu kita harus menghitung volume rangka atap baja ringan yang disesuaikan dengan ukuran rumah. Sebagai gambaran kita akan mengetahui kebutuhan baja ringan untuk hunian berukuran 8 x 12 yang memiliki overlay atap dengan panjang 1 meter dan kemiringan atap sekitar 35 derajat. Dari ilustrasi di atas, dapat diketahui beberapa informasi sebagai berikut:

  • Panjang bangunan = 12 + 1 + 1 = 14 m
  • Lebar bangunan = 8 + 1 + 1 = 10 m
  • Derajat kemiringan = cos 35 = 0,819

Mengukur Volume Atap Baja Ringan

Untuk mengetahui volume atap baja ringan, Anda dapat menggunakan perhitungan berikut.

  • Rumus Volume = (Panjang Bangunan + Genteng Overstek) x (Lebar Bangunan + Genteng Overstek) Derajat Kemiringan Atap Genteng (cos derajat)
  • Setelah mengetahui volume atap, kita tinggal memasukkan rumus di atas menjadi (Volume: 14 x 10 / 0,819 = 171 m2)

Selanjutnya kita juga perlu mengetahui kebutuhan baja ringan yang meliputi beberapa komponen seperti kebutuhan kasau, reng, sekrup, dan genteng. Karena komponen tersebut akan mempengaruhi kekuatan baja ringan secara keseluruhan.

Kebutuhan Kaso Atap Baja Ringan

  • Pertama kita harus menghitung jumlah kasau yang dibutuhkan. Perhitungannya adalah (Luas atap miring x 4) / 6
  • Dengan rumus di atas, jumlah kasau yang dibutuhkan adalah (171 x 4) / 6 = 114 kasau

Kebutuhan Reng

Setelah mengetahui jumlah kasau yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan reng menggunakan rumus (Jumlah kasau x 1,2). Dengan rumus tersebut, jumlah kasau yang dibutuhkan adalah 114 x 1,2 = 137 reng.

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Atap Rumah

baja ringan murah – Genteng merupakan salah satu bahan bangunan yang penting untuk melindungi isi rumah dari panasnya sinar matahari dan hujan. Jadi kita juga perlu menghitung kebutuhan genteng. Sebagai contoh, kita akan menggunakan genteng yang memiliki ukuran 2×4.

  • Perhitungan yang dapat digunakan adalah ((Volume Atap x 1,62) Jika diambil volume atap yang telah kita hitung sebelumnya yaitu 171 m2, maka kebutuhan genteng rumah mencapai 171 x 1,62 = 277,02 atau sekitar 288 genteng berukuran 2×4.

Cara Menghitung Kebutuhan Sekrup Atap Rumah

Ada 2 jenis skrup yang perlu diperhitungkan yaitu untuk genteng rumah dan atap baja ringan. Untuk memasang genteng rumah sendiri, Anda dapat menggunakan rumus jumlah genteng x 12.

  • Dengan begitu, kebutuhan skrup genteng rumah adalah 278 x 12 = 3.336 buah.
  • Sedangkan untuk kebutuhan skrup baja ringan bisa menggunakan rumus luas atap miring x 20. Jadi kebutuhan skrup baja ringan adalah 171 x 20 = 3.420 buah.

Nah, itulah sedikit informasi tentang cara menghitung kebutuhan baja ringan untuk atap rumah yang bisa Anda ketahui untuk membangun rumah atau merenovasi.

Menghitung Kebutuhan Baja Ringan Rumah Ukuran 6×7,5

Data Ukuran Bangunan Ukuran 6×7,5

Data yang dimaksud adalah panjang dan lebar bangunan, overstek, dan derajat kemiringan atap. Misalnya ada rumah tipe 45 dengan dimensi 6 x 7,5 meter dan menerapkan model atap pelana. Sedangkan panjang overstek adalah 1 meter. Untuk kemiringan sekitar 30 derajat. Jadi, nilai berikut diperoleh.

  • Panjang bangunan = panjang rumah + (2 x panjang overstek) = 6 + (2 x 1) = 8 meter
  • Lebar bangunan = lebar rumah + (2 x panjang overstek) = 7,5 + (2 x 1) = 9,5 meter
  • Derajat kemiringan = Cos 30 = 0,866

Kebutuhan Rangka Atap Baja Ringan

Selanjutnya perhitungan volume atap perlu dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah batang baja ringan yang dibutuhkan.

  • Volume = (panjang rumah + panjang overstek di kedua sisi) x (lebar rumah + panjang overstek di kedua sisi)/derajat kemiringan atap
  • Jadi, volume atap baja ringan yang diperoleh adalah = (8×9.5)/0.866 = 87.76 meter kubik

Kaso dan Reng

Kedua bagian ini penting terutama untuk atap baja ringan karena dapat mempermudah dalam memprediksi kebutuhan dana.

  • Jumlah kasau = (volume rangka atap x 4)/6 = (87,76 x 4)/6 = 351,04/6 = 58,51 atau sekitar 59 batang baja ringan dan setengah batang masih tersisa. Mengingat kasau adalah dasar untuk memasang reng, rumus diperoleh:
  • Jumlah reng = jumlah kasau x jarak pemasangan = 59 x 1,2 = 70,8 atau sekitar 71 batang baja ringan.

Kebutuhan Genteng Metal

Tidak hanya berhenti pada kebutuhan rangka baja ringan. Genteng logam yang dibutuhkan untuk contoh rumah tipe 45 adalah sebagai berikut.

  • Jumlah genteng metal = Volume atap / luas genteng metal per lembar = 87,76 / 1,62 = 54.173 atau sekitar 55 buah.

baja ringan murah – Jika anda ingin memasang baja ringan dengan harga yang relatif murah anda bisa menggunakan jasa pasang baja ringan ke pada kami.

Demikian ulasan tentang Berapa Banyak Baja Ringan Murah Yang Dibutuhkan Untuk  Rumah?, infonya cek disini.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Artikel Lainnya
baja ringan murah

Mengenal Jenis Baja Ringan Murah Serta Kekurangan Dan Kelebihannya

Dipublish pada 20 Oktober 2020 | Dilihat sebanyak 2.238 kali | Kategori: Blog

Mengenal Jenis Baja Ringan Murah Serta Kekurangan Dan Kelebihannya Baja ringan murah -Saat ini banyak pembangunan yang memanfaatkan baja enteng sebagai kerangka atap rumah, selain lebih kokoh dan proses pemasangan yang lebih cepat harganya pun juga tidak begitu mahal.  ... selengkapnya

harga baja ringan

Beberapa Harga Baja Ringan Terbaru Dan Terpercaya Di Tahun 2022

Dipublish pada 20 Oktober 2020 | Dilihat sebanyak 1.814 kali | Kategori: Blog

Beberapa Harga Baja Ringan Terbaru Dan Terpercaya Di Tahun 2022 Harga baja ringan – Ada banyak merek untuk baja ringan yang berkualitas dan sudah beredar di pasaran seperti kencana trust,alfa prima taso hngga masih banyak yang lainya. Baja rіngаn tеrѕеbut... selengkapnya

Atap Baja Ringan Bluescope

Memahami Atap Baja Ringan Bluescope

Dipublish pada 10 Maret 2022 | Dilihat sebanyak 709 kali | Kategori: Blog

Atap Baja Ringan Bluescope – Diperhatikan atau tidak, atap baja ringan BlueScope ada di mana-mana. Anda biasanya tidak akan berpikir untuk melihat atap baja ini digunakan di rumah tinggal, tetapi jika Anda berkendara di jalan mana pun di kota mana... selengkapnya

ALAMAT KAMI

Alamat dan Kontak Person :  Jln. Prambanan Manisrenggo No.16 Kb. Dalem Lor, Kb. Dalem Lor, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454

Website Lain Kami: BajaPrambanan.com

Website Lain Kami: Tokobaja.online

Website Lain Kami: Plafon Pvc Jogja

 

Live Chat
Online

Bpk: JUMINO BASKORO

facebook

twitter

Instragram